Posted on

Seni Topeng Nusantara

“Seni Topeng telah menjadi salah satu bentuk ekspresi seni paling tua yang pernah diciptakan peradaban manusia.”

Aneka Topeng Nusantara

Aneka Topeng Nusantara

Udah pada tau dong apa itu topeng. Topeng berarti penutup muka yang terbuat dari kayu, kertas, kain atau bahan lainnya dengan bentuk yang berbeda-beda. Dari yang berbentuk wajah dewa-dewi, manusia, binatang, setan dan lain-lainnya.

Di belahan bumi sono, topeng bukan hanya penutup muka lo, topeng juga memegang peranan penting dalam berbagai sisi kehidupan yang menyimpan nilai-nilai magis dan suci. Cause what? Kerana peranan topeng yang besar sebagai simbol-simbol khusus dalam berbagai upacara dan kegiatan adat

Topeng sebagai Pengusir Roh

yang luhur. Kehidupan masyarakat modern saat ini menempatkan topeng sebagai salah satu bentuk karya seni adiluhung.

Gak kalah ama belahan bumi sono, nusantara alias Indonesia Tercinta punya puluhan seni topeng yang tersebar dari ujung sono (Sabang) ampe ujung sono (Merauke), secara saya posisinya di tengah. Dari puluhan seni topeng itu, muncullah berbagai karakter topeng yang memiliki estetika dan makna simbolik masing-masing.  Tidak hanya keindahan estetis yang dimilikinya, tetapi sisi misteri yang tersimpan pada raut wajah tiap karakter mampu memancarkan kekuatan magis (mulai merinding ni!!). Karakter-karakter tersebut punya role masing-masing dalam kehidupan masyarakat. Por Eksampel ada nyang buat ngusir roh jahat (kaya yang lagi baca postingan ini. Peace om!), ada juga yang buat nyebarin agama (NO SARA gan!) dan lain sebagainya. Buat nelurin (red. nyiptain) karakter itu, ada tahapan-tahapan sejarah yang terjadi serta filosofi masing-masing topeng. (Jadi ga

k asal bikin aje!). Apa aja sih karakter topeng nusantara plus sejarah plus filosofinya? Nantikan  selanjutnya ye.

Nah dalam pertunjukkannya seni topeng memadukan berbagai jenis kesenian yang memiliki nilai-nilai luhur dan memiliki bentuk karakter seni seperti seni rupa,drama, sastra, musik, tari dan ukir. Disamping itu topeng juga memiliki perspektif hiburan dan pendidikan.

Disinilah tugas generasi muda yang akan mengemban upaya pelestarian nilai tradisi budaya bangsa dan upaya peningkatan industri kreatif berbasis budaya lokal sebagai salah satu tulang punggung ekonomi rakyat.

Sekian aje dulu ye! Jangan lupa baca Postingan berikutnye..!!

“We are Young and We Love Our Culture…!!!”

One response to “Seni Topeng Nusantara

  1. sakrilegi ⋅

    wah ini menarik

    salam kenal
    main ya ke http://crime.thinks.org

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s